Contoh Angket Kreativitas Siswa

Contoh Angket Kreativitas Siswa. Kreativitas merupakan salah satu kemampuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Pengertian kreativitas menurut Munandar (2006:47) adalah, “kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang ada”. Ia juga menyatakan “kreativitas secara operasional dapat dirumuskan sebagai kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas), dan keaslian, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan”. Dalam era perkembangan zaman yang begitu pesat ini tak dapat dipungkiri bahwa kesejahteraan masyarakat dan Negara bergantung pada sumbangan kreatif, berupa ide-ide baru, penemuan-penemuan baru, dan teknologi baru dari anggota masyarakat. Untuk mencapai hal itu diperlukan sikap dan prilaku kreatif yang dipupuk sejak dini, agar anak didik kelak tidak hanya menjadi konsumen pengetahuan, tetapi mampu menghasilkan pengetahuan baru. Oleh sebab itu kreativitaslah yang memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya. Kreativitas akan timbul jika seseorang fokus pada imajinasi, kerja giat, dan peningkatan yang mantap.

contoh angket kreativitas siswa

Munandar (2006:79) mengatakan, “Belajar kreatif tidak timbul secara kebetulan tetapi memerlukan persiapan, antara lain dengan menyiapkan suatu lingkungan kelas yang merangsang anak-anak untuk belajar secara kreatif”. Belajar yang kreatif bukanlah menghafal sebuah respon tetapi mencari secara aktif gagasan atau masalah baru untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda. Biasanya anak yang kreatif selalu ingin tahu, memiliki minat yang luas, mempunyai kegemaran dan menyukai aktifitas yang kreatif. Mereka lebih berani mengambil resiko daripada anak-anak pada umumnya, artinya dalam melakukan suatu yang dianggap sangat berarti, mereka tidak terlalu menghiraukan kritik dan ejekan orang lain. Orang yang kreatif tidak takut untuk melakukan kesalahan dan mengemukakan pendapat mereka walaupun mungkin tidak disetujui orang lain. 

Apakah terdapat kreativitas dalam matematika? 

Barangkali pertanyaan ini sering diungkapkan orang yang memandang matematika sebagai “ilmu pasti” yang sering dikaitkan dengan hasil tunggal yang “pasti” atau bersifat konvergen, sehingga tidak terbuka kemungkinan memunculkan kreativitas. Menurut Pehnoken (1997), kreativitas tidak hanya ditemukan dalam bidang tertentu, misalnya seni dan sains, melainkan juga bagian dari kehidupan sehari-hari termasuk bidang matematika. Menurut Bishop (pehnoken,1997) seorang memerlukan dua keterampilan dalam berpikir matematis, yaitu berpikir kreatif, yang sering diidentikan dengan intuisi, dan kemampuan berpikir analitik, yang diidentikan dengan kemampuan logis. Krutetskii (Mann, 2005) mengidentikkan kreativitas matematika dengan pembuatan soal (problem formation), penemuan (invention), kebebasan (independence), dan keaslian (originality). Sedangkan menurut Holland (2005) berpikir kreatif matematis mempunyai beberapa komponen, yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi, dan sensitivitas. Dari uraian di atas tampak bahwa kreativitas dalam matematika mempunyai kesamaan komponen dengan komponen kreativitas secara umum. 

Adapun ciri-ciri anak yang kreatif menurut Munandar (2006:51) sebagai berikut.
  1. Senang mencari pengalaman baru
  2. Memiliki kesenangan dalam mengerjakan tugas-tugas yang sulit
  3. Memiliki inisiatif
  4. Memiliki ketekunan yang tinggi
  5. Cenderung kritis terhadap orang lain
  6. Berani menyatakan pendapat dan keyakinannya
  7. Selalu ingin tahu
  8. Peka atau perasa
  9. Enerjik dan ulet
  10. Menyukai tugas-tugas yang majemuk
  11. Percaya pada diri sendiri
  12. Mempunyai daya imajinasi yang kuat
  13. Berani mengambil resiko
  14. Memiliki minat yang luas

Konsep atau pengertian kreativitas sangatlah beragam dan tidak semua dapat diterima secara universal terutama dalam definisi. Hal ini karena kompleksitas dari definisi kreativitas itu sendiri. Tetapi, hal ini tidak akan menjadi halangan untuk mendefinisikan kreatifitas karena kreativitas dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang. Menurut (Amabile, 1983) dimensi kreativitas dapat didefinisikan kedalam empat jenis dimensi yaitu person, procces, press, dan produk. Dalam penelitian ini lebih ditekankan dari dimensi person dimana kriteria kreativitas identik dengan kepribadian kreatif (creative personality) Orang yang kratif memiliki ciri-ciri kepribadian yang secara signifikan berbeda dengan orang yang tidak kreatif. Karakteristik-karakteristik kepribadian ini menjadi kriteria untuk mengidentifikasi orang yang kreatif.

Menurut Munandar (2006), indikator yang digunakan untuk melihat kreativitas siswa dapat dijabarkan sebagai berikut.
  1. Kelancaran yaitu dapat mengemukakan banyak gagasan, jawaban, penyelesaian masalah atau pertanyaan.
  2. Keluwesan yaitu dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang berbeda.
  3. Keaslian, yaitu mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik.
  4. Mengelaborasi, yaitu menambahkan atau memperinci suatu objek, gagasan atau situasi.
  5. Rasa ingin tahu yaitu selalu terdorong untuk mengetahui lebih banyak, mengajukan banyak pertanyaan, mencari gagasan di berbagai sumber belajar. 
  6. Bersifat imajinatif yaitu mampu memperagakan atau membayangkan hal-hal yang belum pernah terjadi. 
  7. Merasa tertantang oleh kemajemukan yaitu terdorong untuk mengatasi masalah yang sulit, merasa tertantang oleh situasi-situasi yang rumit, lebih tertarik pada tugas-tugas yang sulit.
  8. Sifat berani mengambil resiko yaitu berani memberikan jawaban meskipun belum tentu benar, tidak takut gagal atau mendapat kritik, tidak menjadi ragu-ragu karena ketidakjelasan, hal-hal yang tidak konvensional atau yang kurang berstruktur.
  9. Sifat menghargai yaitu dapat menghargai bimbingan dan pengarahan dalam hidup, menghargai kemampuan, dan bakat-bakat sendiri yang sedang berkembang

Ada beberapa cara yang digunakakan untuk mengukur kreatifitas seseorang yaitu, (1) analisis obyektif, (2) pertimbangan subyektif, (3) inventori kepribadian, (4) inventori biografis, (5) tes kreatifitas.

Untuk mengukur kreativitasi siswa dapat menggunakan angket kami berikan sebagai berikut


Sebelum digunakan angket tersebut harus diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya.

Bagi kalian yang ingin file tersebut silahkan berkomentar di bawah ini dengan menyertakan alamat email kalian. Kami akan segera menanggapi dan mengirimkan file yang kalian butuhkan.


Penting : Jika kalian merasa Artikel "Contoh Angket Kreativitas Siswa" bermanfaat untuk kalian silahkan share dengan media sosial yang kalian miliki. Atas perhatian kalian kami ucapkan terimakasih.

No comments

Tinggalkan komentar dengan baik di bawah ini