KUMPULAN TUGAS PPG LK 1.1 IDENTIFIKASI MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Kumpulan Tugas PPG LK 1.1 Identifikasi Masalah- Hallo sobat oci pada kesempatan kali ini kita akan membagikan Tugas LK 1.1 Identifikasi masalah PPG dalam jabatan. Bagi kalian yang membutuhkan silahkan dibaca dan cermati dengan baik.

Identifikasi masalah adalah materi perkuliahan paling awal yang dipelajari pada waktu mengikuti PPG dalam jabatan.



Apa yang Dipelajari Pada Tahap Pendalaman Materi?

Menurut LMS yang perlu kalian perhatikan adalah sebagai berikut:

Pembelajaran Mata Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk analisis permasalahan pembelajaran yang ditemui dalam konteks kelas dan/atau sekolah dalam upaya pemecahan permasalahan tersebut. Permasalahan dapat meliputi literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas tiga langkah: (1) identifikasi masalah, (2) eksplorasi penyebab masalah, dan (3) penentuan penyebab masalah. Aktivitas pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan beban belajar 4 (empat) sks.

Kegiatan Identifikasi Masalah mencakup kegiatan mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran di kelas terkait: penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus, membangun relasi dengan siswa; melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS, literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman mereka saat menjadi guru.

Kegiatan eksplorasi penyebab masalah merupakan kegiatan mengeksplorasi kemungkinan penyebab masalah yang telah diidentifikasi. Dalam melakukan eksplorasi penyebab-penyebab masalah tersebut, mahasiswa dapat melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru/Kepala Sekolah/ Pengawas Sekolah/rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar dan pihak terkait lainnya dengan bimbingan/arahan dosen dan guru pamong.

Kegiatan penentuan penyebab masalah dilakukan dengan cara menentukan akar penyebab masalah yang paling mendekati terhadap konteks yang dihadapi guru di kelas/sekolahnya, dan menjelaskan alasannya. Dalam melakukan penentuan penyebab tersebut, mahasiswa berkonsultasi dengan dosen, instruktur, dan guru pamongnya. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan tentang penentuan akar penyebab masalah yang dihadapi disertai dengan penjelasan tentang kajian/analisis penentuan penyebab masalah tersebut. Terakhir mahasiswa wajib menentukan masalah (minimal 2 yang paling sesuai dengan tugas keseharian guru) dan akar penyebabnya.

Dari semua kegiatan-kegiatan tersebut akan diberikan beberapa contoh LK 1.1 Identifikasi masalah dalam bentuk file yang bisa kalian download atau baca langsung.

Apa Jenis Masalah Yang diidentifikasi?

Masalah yang diindentifikasi dalam tahap ini antara lain adalah
  1. Pedagogik, Literasi, dan Numerasi
  2. Kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi guru
  3. Membangun relasi / hubungan dengan siswa dan orang tua
  4. Pemahaman/pemandaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa
  5. Materi terkait literasi numerasi, Advance material, miskonsepsi, HOTS
  6. Pemanfaatan teknologi / inovasi dalam pembelajaran

Mengapa tahap ini Penting?

Tahap ini sangat penting dilakukan guna mengidentifikasi berbagai masalah yang ingin dipecahkan untuk tahap pembelajaran berikutnya. dari sekian banyak masalah akan dipilih beberapa yang sangat penting dan kiranya harus segera dicarikan solusinya.






Itulah file yang bisa kami bagikan untuk kalian. Silahkan digunakan dengan sebaik-baiknya semoga bisa membantu dan menginspirasi. jangan lupa share jika ini penting untuk kalian. terimakasih

Penting : Jika kalian merasa Artikel "KUMPULAN TUGAS PPG LK 1.1 IDENTIFIKASI MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA" bermanfaat untuk kalian silahkan share dengan media sosial yang kalian miliki. Terimakasih atas perhatiannya jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ini

Post a Comment for "KUMPULAN TUGAS PPG LK 1.1 IDENTIFIKASI MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA"