MENGENAL PERANGKAT PENYUSUN KOMPUTER

MENGENAL PERANGKAT PENYUSUN KOMPUTER- Pembelajaran kali ini akan membahas mengenai perangkat keras dan perangkat lunak penyusun komputer. Silahkan baca dan simak dengan baik.

Mata Pelajaran : Informatika

Kelas : 7

Materi : Mengenal Perangkat penyusun Komputer

Oleh : Ni Putu Asri Wijayanti, S.Pd

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata “computer” pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan. Kata computer berasal dari bahasa Latin, yaitu “computare” yang artinya menghitung.  Dalam bahasa inggris disebut “to compute”. Secara definisi, computer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengoah data (proses), dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi di bawah kontrol program yang tersimpan dalam memori.

perangkat keras dan lunak komputer

Agar dapat bekerja, komputer tersususn atas tiga komponen utama, yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software, dan perangkat pengguna atau braiware. Untuk leih jelasnya tentang komponen-komponen tersebut, simak pembahasan berikut. 

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras (hardware) merupakan suatu komponen yang bersifat fisik. Beberapa macam perangkat keras komputer, diantaranya CPU, monitor, mouse, keyboard, printer, speaker, dan scanner. Perangkat-perangkat tersebut mempunyai fungsi tertentu, misalnya sebagai alat masukan, alat proses, alat penyimpanan, dan alat keluaran. Untuk lebih jelasnya bisa anak-anak simak pembahasan berikut.

a. Perangkat masukan (Input Device)

Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan perintah dari pengguna komputer baik berupa teks, gambar, angka, suara yang nantinya akan diolah oleh perangkat pemrosesan untuk ditampilkan oleh perangkat keluaran (input device). Adapun contoh perangkat masukan adalah sebagai berikut.

1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan berisi berbagai tombol yang berfungsi sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka dan simbol. Berikut merupakan gambar dari keyboard. 

Keyboard / papan ketik

2. Mouse 

Mouse merupakan suatu perangkat keras yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada komputer dan sebagai alat petunjuk (pointing device) ketika menggunakan komputer.

mouse-ceroci.com

3. Scanner

Scanner merupakan suatu perangkatkeras yang berfungsi untuk penggandaan berkas atau lembaran yang kemudian disimpan dalam bentuk digital. 

scaner ceroci.com

4. Trackball

Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse. Namun saat penggunaannya badan trackball tetap diam. Perpindahan kursor atau untuk menunjukkan sesuatu pada computer  dapat dilakukan dengan menggerakkan bola pada trackball.

trackball ceroci.com

5. Joystick

Joystick merupakan perangkat masukkan. Gerakan kursor dikendalikan oleh tuas yang digerakkan oleh pengguna computer. Joystick banyak digunakan oleh gamer. 

joystick ceroci.com

6. Webcam

Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasanya ditempatkan diatas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan videocall dan dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer.

webcamp ceroci.com

7. Stylus pen

Stylu pen merupakan perangkat input yang berbentuk seperti pena. Stylus pen ini biasa digunakan pada komputer yang digunakan untuk keperluan membuat desain atau penelitian.

stylus pen

8. Touch screen

Touch screen atau layar sentuh adalah sebuah perangkat input computer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital.

touchscrean

b. Perangkat pemrosesan (Processing Device)

Perangkat pemrosesan merupakan otak dari Komputer. Perangkat ini mengendalikan seluruh aktivitas dari sistem komputer. Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut perangkat ini adalah Central Processing Unit (CPU). Adapun prangkat keras yang merupakan perangkat pemrosesan adalah prosesor. 

c. Perangkat penyimpanan (Storage Device)

Perangkat penyimpanan (storage device) mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer. Berikut beberapa perangkat penyimpanan pendukung. 

  • Magnetik disk, contohnya floppy disk dan harddisk
  • Optical disk, contohnya CD, DVD, dan Blue-Ray
  • Pen drive, contohnya USB flashdisk dan Zip drive
  • Card, contohnya ATM dan chip-card

d. Perangkat Keluaran (Output Device)

Perangkat keras output merupakan perangkat keras yang merupakan bagian dari suatu sistem komputer yang berfungsi untuk menampilkan data yang telah diproses oleh bagian pemrosesan komputer atau prosesor. Perangkat keras output terdiri dari beberapa jenis dan sering ditemui oleh para pengguna komputer. Berikut adalah beberapa contoh dari perangkat keras output :

1. Monitor

monitor ceroci.com

Monitor merupakan perangkat keras output. Monitor menampilkan data yang perlu diketahui oleh pengguna komputer, data yang tampil pada monitor merupakan hasil pengolahan dari prosesor.

2. Printer

Printer merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencetak data atau dokumen menjadi bentuk hardfile. Data yang dicetak oleh printer merupakan data yang telah diolah oleh proses oleh prosesor. 

printer ceroci.com

3. Proyektor

Projector sering dipakai sebagai media presentasi untuk memudahkan para peserta melihat data – data yang ditampilkan komputer. Fungsi proyektor sebenarnya hampir sama dengan monitor, yakni untuk menampilkan data, hanya saja untuk proyektor tampilannya bisa lebih luas dan bisa dilihat oleh banyak orang.

LCD

4. Speaker

Speaker merupakan perangkat keras output yang berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara, dimana data suara tersebut berasal dari pengolahan data digital dengan format tertentu yang telah diolah oleh prosesor.


Perangkat Lunak (Software)

Perangkat keras tidak dapat bekerja secara mandiri. Untuk menjalankan fungsinya diperlukan serangkaian instruksi yang terkumpul dalam bentuk perangkat lunak. Perangkat lunak dibagi menjadi 2, yaitu perangkat lunak sistem operasi dam perangkat lunak aplikasi. 

Sisem operasi mempunyai beberapa fungsi utama, antara lain :

 a) Menejemen sumber daya, 

b) manajemen data, 

c) manajemen gugus tugas, 

d) penyediaan sarana komunikasi antara pengguna dan komputer.

Contoh perangkat lunak sistem operasi yaitu DOS, Windows, Unix, MacOS, FreeBSD, dan Linux,

Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu program yang membantu pemakai untuk mengerjakan tugas secara cepat. Contoh perangkat lunak aplikasi:

  • Pengolah kata, contohnya MS-Word, Abi Word, WS, Open Office Word, Star Office Word.
  • Pengolah angka, contohnya : MS Excel, Open Office Spreadsheet, Lotus 123
  • Database management System (DBMS), contohnya MS-Avvess, Oracle, MySQL.
  • Grafis, contohnya Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand.
  • Komunikasi, contohnya mIRC, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera.

3. Pengguna (Brainware)

Pengguna atau brainware adalah orang yang menggunakan komputer tersebut. Pengguna komputer akan memberikan perintah sehingga komputer akan bekerja sesuai keinginannya.

Jadi ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tidak akan berfungsi apabila tanpa perangkat lunak, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak kan berfungsi apabila tanpa manusia yang mebgoperasikannya. 

Baca Juga: 

1. Bahas Pemrograman visual Sederhana

2. Algoritma dan flowchart

Penting : Jika kalian merasa Artikel "MENGENAL PERANGKAT PENYUSUN KOMPUTER" bermanfaat untuk kalian silahkan share dengan media sosial yang kalian miliki. Atas perhatian kalian kami ucapkan terimakasih.

Post a Comment for "MENGENAL PERANGKAT PENYUSUN KOMPUTER"