BELAJAR PPPK PART 2 TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK

BELAJAR PPPK PART 2 TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK- Ceroci.com Oke sobat oci pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai teori belajar behavioristik yang juga dikenal dengan teori belajar perilaku karena analisis yang dilakukan pada perubahan perilaku yang tampak, dapat dukur, dilukiskan dan diramalkan. Menurut teori behavioristik belajar merupakan perubahan tingkal laku karena perubahan lingkungan. 

Behavioristik memandang bahwabelajar merupakan perubahan tingkahlaku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respons. Artinya siswa dikatakan telah belajar jika dapat menunjukan perubahan tingkah laku.

contoh:

peserta didik sudah dapat dikatakan bisa membaca jika ia mampu menunjukan kemampuan membacanya dengan baik.

Ciri dari teori ini:

mengutamakan unsur dan bagian kecil, bersifat mekanistis, menekankan perananlingkungan, mementingkan pembentukan reaksi atau respoons, menekankan pentingnya latihan, mementingkan hasil belajar.

Teori belajar ini juga sering disebut sebagai S-R (stimulus respon) dimana semakin kuat stimulus maka diyakini t=respons yang diberikan juga semakin baik.

Implikasi teori behavioristik dalamkegiatan pembelajaran tergantung beberapa hal :

  • Tujuan pembelajaran
  • Sifat materi pelajaran
  • karakteristik peserta didik
  • media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia
Tujuan pembelajaran menurut teori behavioristik ditekankan pada penambahan pengetahuan, sedangkan belajar sebagai aktivitas mimetic yang menuntut peserta didik untuk mengungkapkan kembali pengetahuan yang telah dipelajari

Peran guru menurut thorndike dalam proses pembelajaran:
  • Membentuk kebiasaan peserta didik
  • Membentuk kebiasaan degan cara yang sesuai dengan bagaimana kebiasaan itu digunakan

Penting : Jika kalian merasa Artikel "BELAJAR PPPK PART 2 TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK" bermanfaat untuk kalian silahkan share dengan media sosial yang kalian miliki. Atas perhatian kalian kami ucapkan terimakasih.

Post a Comment for "BELAJAR PPPK PART 2 TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK"