Beda Anak Sulung dengan Anak Bungsu, Mana Lebih baik?

Dalam suatu keluarga kehadiran seorang anak merupakan anugerah yang terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada sebuah pasangan.
pic by: agus antara

Oleh karena itu jangan pernah sia-siakan anugrah itu karena tidak semua orang mendapat anugrah yang sama. Masih banyak orang yang kurang beruntung dan belum mendapatkan anugrah tersebut.

Nah berbicara tentang seorang anak, anak pertama atau yang sering disebut dengan anak sulung merupakan anak yang sangat dinanti tidak perduli laki-laki atau perempuan semua orang berharap anak ini akan menjadi anak yang  memiliki sifat yang sesuai dengan harapan.

Lalu bagaimana dengan anak selanjutnya?

Tentu sifat dan sikap anak akan berbeda walaupun mereka diproduksi dalam sebuah pabrik yang sama. Ini tergantung dari faktor psikologis dan bagaimana orang tua mendidik dan memperlakukan anaknya. Namun yang tidak akan pernah berbeda adalah kasih sayang orang tua yang diberikan kepada anak-anaknya. Kalaupuan ada orang tua yang membedakan anaknya itu hanya ada di Sinetron.

Karena sifat seorang anak berbeda maka mari kita bahas mengenai beda sifat anak sulung dan anak bungsu.

Mengapa harus anak sulung dan bungsu?

Ya karena kedua anak ini memiliki sifat yang sangat berbeda dari segi psikologis dan perlakuan yang diberikan oleh orang disekitarnya. Tentu perlakuan disini adalah perlakuan yang baik ya bukan yang tidak baik.

Apakah kalian seorang anak sulung atau anak bungsu?

Berikut merupakan perbedaan sifat anak sulung dan anak bungsu yang sudah dirangkum oleh ceroci.com

Anak Sulung

Jika kalian menjawab kalian merupakan anak pertama atau anak sulung maka pertanyaan yang muncul adalah.

Bagaimana rasanya menjadi anak sulung?

Tentu akan berbeda dengan anak lainnya karena kalian merupakan anak yang paling diharapkan oleh orang tua kalian. Anak yang paling diharapkan untuk mengangkat drajat dan martabat orang tua sehingga anak sulung memiliki beban yang lebih berat daripada anak lainnya.

Jika kalian anak Sulung kalian cendrung memiliki sifat berikut

1. Bijaksana

Bijaksana merupakan salah satu sifat yang anda miliki sebagai anak pertama. Ini menjadi sifat dasar anak sulung. Sebagai anak sulung anda lebih dewasa, memiliki banyak ilmu yang mampu disalurkan dan mampu memberi saran untuk adik-adiknya serta sebagai panutan.
Oleh karena itu anak pertama merupakan penasehat yang baik dengan pengalaman yang lebih banyak dimiliki daripada adik-adiknya. Menjadi anak pertama harus pintar menjadi penghubung antara orang tua dan adik-adiknya yang akan menjadi penerjemah dan memiliki pemahaman yang pertama dari maksud orang tua kalian.

2. Suka Mengalah

Jika anda anak sulung maka sifat yang kedua yang kemungkinan anda miliki adalah suka mengalah. Anda akan bersedia mengalah demi adik anda yang merengek minta sesuatu. Sebagai anak pertama anda terbiasa untuk lapang dada dan lebih mendahulukan kebahagiaan orang lain. Karena sifat ini juga anda lebih banyak memilih untuk diam ketika anda berada dalam kondisi marah atau mengalami hal yang bertentangan dengan perasaan anda atau mungkin tidak mengenakan hati.

3. Tegar

Jika anda anak pertama kemungkinan sifat yang anda miliki adalah tegar atau kuat dalam menghadapi rintangan apapun. lebih kuat dalam menghadapi masalah apapun dan terbiasa sendiri dalam menyelesaikan masalah apapun. Dalam ketegarannya anak sulung juga sangat giat untuk memenuhi segala keinginannya karena harapan orang tua berada dipundaknya untuk "berhasil" sehingga anak sulung cendrung melakukan berbagai hal dengan sempurna agar peluang untuk gagal lebih sedikit

4. Lebih Kreatif

Anak sulung sering kali diminta bantuan untuk menyelesaikan masalah adik-adiknya sehingga ini menyebabkan anak sulung lebih kreatif. Tidak hanya itu ilmu yang didapat dari orang tua cendrung masih maksimal

Kemudian bagaimana dengan anak Bungsu?

Anak Bungsu

Bagaimana perasaan anda menjadi anak bungsu? apakah kalian merasa di diskriminasi?

Semoga perasaan itu tidak ada pada anda.

Berbicara mengenai anak bungsu merupakan anak yang sering diperlakukan seperti bayi dalam keluarga. Oleh karena itu anak bungsu mungkin mendapat keistimewaan yang luar biasa dalam keluarga.

berikut merupakan sifat anak bungsu yang mungkin dimiliki oleh anda sebagai anak yang paling buncit

1. Lebih Manipulatif

Sebagai anak bungsu untuk mendapatkan sebuah keuntungan cendrung menggunakan cara yang lebih manipulatif seperti cemberut  ketika tidak mendapat apa yang diinginkan. Hal ini membuat anak bungsu cendrung terbiasa untuk manja karena mendapatkan keistimewaan dari keluarga. namun, karena sifat manja dan terbiasa disayang maka anak bungsu cendrung tidak akan canggung untuk menunjukan kasih sayang kepada orang-orang terdekatnya.

2. Optimis

Sifat selanjutnya dari anak bungsu adalah optimis yaitu yakin akan kemampuan untuk menggapai sesuatu tanpa ada bayangan untuk mendapatkan kegagalan. Anak bungsu lebih berani untuk mengikuti kata hati dan tidak mudah cemas sehingga sebagai anak bungsu lebih menikmati hidupnya tanpa ada keraguan. Ini dikarenakan mereka terbiasa untuk tidak terbebani dengan sesuatu, ini sangat berbeda dengan anak sulung yang "mungkin" ada ketakutan dalam bertindak.

3. Menyukai Hal baru

Sifat dari anak bungsu cendrung menyukai hal yang baru karena mereka selalu berpikir terbuka dengan segala hal. terkadang anak bungsu bisa berpikir diluar kebiasaan. Pikiran terbuka didapat karena mereka terbiasa untuk mendapat informasi dari kakak dan orang tua.

4. Bersahabat

Anak bungsu cendrung memiliki sifat yang bersahabat karena Ia dibesarkan dengan perlakuan yang menjadikan anak bungsu mudah untuk bersosialisasi dan mudah bersahabat. mereka sudah biasa bergaul dengan orang yang lebih tua. Karena sifat yang bersahabat ini pula anak bungsu cendrung tidak suka ikut campur dengan urusan orang lain.


Itulah Sifat anak sulung dan anak bungsu

Mana yang lebih baik?

Pada dasarnya semua memiliki sifat yang baik tergantung cara mendidik orang tua.
Sekarang tergantung kalian menilainya dari sudut pandang yang mana.

Jika kalian anak sulung atau bungsu berikan komentar kalian mengapa kalian memiliki sifat lebih baik?

Namun, baik anak bungsu maupun anak sulung kata-kata yang harus kalian pegang teguh adalah
Jadilah Orang Yang Membanggakan

Sumber: dosenpsikologi.com 

1 comment:

Tinggalkan komentar dengan baik di bawah ini