DARI PEDULI SAMPAI SALING TOLONG

    Pandemi Covid-19 telah merusak tatanan hidup masyarakat tidak hanya di Indonesia bahkan menjamur ke berbagai belahan dunia. Mulai dari kesehatan, ekonomi, sosial, budaya bahkan bidang pendidikan tak luput dari imbas pandemi Covid-19. Banyak sekali program pemerintah untuk menanggulangi pandemi yang satu ini, khususnya bidang pendidikan dimana generasi muda sebagai aset untuk melanjutkan tongkat estafet memajukan bangsa dan negara tercinta kita harus dilindungi dengan baik. Penguatan karakter peserta didik sangat diperlukan di masa pandemi Covid-19. Peserta didik perlu memiliki karakter yang kuat dan cerdas dalam menghadapi dan menyikapi kejadian yang merusak tatanan kehidupan seperti pandemi covid-19. Kita semua harus mendapat pelajaran yang berharga dari kejadian yang tidak tahu kapan akan berakhir seperti ini. Menjadi pertanyaan besar "apa yang harus dilakukan guru, siswa, dan orang tua dimasa Covid-19?

     Pemerintah melalui Kemdikbud telah melakukan Webinar yang sangat menarik sebagai petunjuk atau solusi untuk masyarakat yang bertemakan "Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19" yang bisa diikuti ataupun di lihat melalui chanel youtube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI. Berbagai narasumber yang kompeten memberikan materi yang menarik dan membangun mengenai bagaimana dunia pendidikan menyikapi pandemi Covid-19 dan bagaimana karakter sangat diperlukan untuk menghadapi pandemi ini.

   Saya tidak akan banyak bercerita tentang isi dari webinar tersebut karena dapat kalian simak langsung pada chanel youtube kemdikbud. Saya hanya akan mengulas hal menarik dan pelajaran sederhana yang dapat kita ambil dari webinar yang telah dilakukan.

    Dikemas sangat menarik Webinar tersebut menjadi sebuah perhatian saya karena di bagian pembukaan diawali dengan animasi yang sangat menarik dan memberikan suatu pembelajaran yang sangat luar biasa serta sangat dibutuhkan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Animasi tersebut membuat saya belajar dan berkata dalam hati "Wah benar juga, Ya"

    Pelajaran sederhana yang dapat kita tarik adalah bagaimana karakter saling tolong menolong atau saling bantu sangat diperlukan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Dimasa sulit seperti ini tentu kita membutuhkan sikap saling bantu atau tolong menolong antara satu dengan yang lainnya tanpa memandang agama, ras, dan golongan. Karakter inilah yang harus kita jaga selalu untuk menghindari adanya konflik karena dimasa seperti ini banyak hal yang dapat memicu adanya konflik.


Tahukah kamu? kenapa permainan panjat pinang dibuat?

      Permainan tradisional di indonesia sangat beragam dan tentu memiliki filosofi atau makna tersendiri termasuk panjat pinang. Pelajaran sederhana yang dapat kita ambil dari permainan panjat pinang adalah bagaimana seseorang tidak akan bisa meraih sesuatu tanpa bantuan orang lain. Peribahasa " Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh" perlu kita tanamkan dalam pikiran dan jiwa kita. Karakter saling tolong menolong dan gotong royong perlu kita pupuk bersama dalam kehidupan berbangsa. Wajah bangsa kita adalah sikap gotong royong dan saling tolong-menolong di tengah perbedaan yang mungkin tidak dimiliki oleh bangsa lain di dunia. Pelajaran sederhana tersebut dapat kita refleksikan dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini sehingga kita tetap menjadi bangsa dan negara yang kuat.

Bagaimana menumbuhkan karakter saling tolong menolong dan gotong royong antara guru, siswa dan orang tua? Sementara, kita semua membutuhkan pertolongan.

    Pertanyaan tersebut mungkin sering kita dengar atau pernyataan nyeleneh seperti "Untuk sendiri saja susah bagaimana memberi untuk orang lain". Hal ini telah terjawab di Webinar. “TONTONLAH”

#CerdasBerkarakter #BlogBerkarakter #SeruBelajarKebiasaanBaru #BahagiaBelajardiRumah

Berikut vidio webinar yang dapat kalian simak


untuk vidio lainnya dapat kalian simak melalui chanel youtube kemdikbud

2 comments for "DARI PEDULI SAMPAI SALING TOLONG"

  1. Gotong royong budaya bangsa Indonesia yang sudah tertanam sejak dulu. Filosopi dari permainan panjat pinang memiliki arti yang sangat dalam. Bersatu saling menjaga keseimbangan. Jika satu goyah maka semua akan terjatuh. Nice writing

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali.. oleh karena itu perlu kita jaga dan tumbuhkan di kehidupan brbangsa dan brnegara

      Delete

Tinggalkan komentar dengan baik di bawah ini