Inilah Contoh Soal Psikotes Untuk Umum

Inilah Contoh Soal Psikotes Untuk Umum - oke sobat pada kesempatan kali ini kami ingin membahas mengenai contoh soal psikotes atau tes psikologi. Psikotes atau tes psikologi sering sekali dipakai suatu instansi atau perusahaan untuk melakukan perekrutan karyawan. Tidak hanya itu beberapa sekolah khususnya sekolah tinggi kedinasan salah satu tahap yang harus dilalui untuk dapat lolos adalah tahap tes psikologi atau psikotes. Tes ini bisa dikatakan menjadi momok bagi banyak orang karena ada banyak orang yang bisa tidak lolos karena tes yang satu ini. Jika kita melakukan pskikotes merupakan suatu hal yang melelahkan karena kita harus menjawab berbagai macam soal psikotes dan melalui banyak tahap. Pikiran kita akan dikuras habis. Karena tes ini sering menjadi batu ganjalan maka untuk itu akan kami bahas sedikir mengenai tes yang satu ini.
Contoh soal Psikotes Untuk Umum

Pengertian Psikotes/Tes psikologi

Tes Psikologi atau lebih dikenal dengan psikotes merupakan tes yang digunakan untuk mengukur seorang atau individu dari aspek-aspek psikis atau mental. Dalam hal ini psikotes lebih menekankan kepada pengukuran kecendrungan prilaku seseorang apakah pantas atau tidak pantas untuk memangku tugas atau jabatan tertentu. Oleh karena itu psikotes atau tes psikologi sering sekali dijadikan tolah ukur untuk penerimaan seorang karyawan dari sebuah perusahaan atau instansi dan penerimaan peserta didik baru pada sekolah tertentu.Psikotes sering digunakan untuk mengukur aspek tertentu dari kepribadian seseorang dan biasanya secara kognitif yang menyangkut tentang IQ seseorang dan afektik yang menyangkut tentang kepribadian, dan emosional seseorang.

Baca Juga : Tips Menghadapi Tes CPNS

Tujuan Psikotes

Jika kita mendengar kata psikotes atau tes psikologi maka kita sudah akan terbayang tes ini mengukur apek kepribadian seseorang namun apa sebenarnya tujuan dari Psikotes itu sendiri sehingga sering sekali dijadikan tolak ukur untuk penerimaan karyawan atau peserta didik baru?

Tujuan dari tes psikologi atau psikotes itu sendiri adalah untuk mengatur kemungkinan dari banyak sekali kemampuan yang dimiliki seseorang dalam artian kemampuan yang mana lebih atau paling menonjol dari kemampuan yang dimiliki seseorang apakah di bidang akademik maupun non akademik Termasuk juga kemampuan secara mental dan emosional. Intinya pengukuran untuk meramalkan kecendrungan prilaku seseorang dengan melakukan tes kognitif maupun afektif.

Jenis soal Psikotes

Berbicara mengenai psikotes maka kita berbicara pula mengenai soal psikotes itu sendiri. apa dan bagaimana bentuk soal yang akan kita terima jika kita mengikuti tes psikotes. Apa kalian perlu mempelajarinya? saya rasa iya walaupun tidak akan berpengaruh secara kepribadian namun dari segi kognitifnya akan sedikit banyak berpengaruh dan yang paling penting adalah bagaimana kesiapan kalian untuk mengikuti tes ini karena membutuhkan kesiapan mental yang baik dan konsentrasi yang tinggi. Tidak hanya itu kalian juga harus bisa pahan apa yang dibutuhkan dari setiap tes. Jangan sekali kali melanggar ketentuan yang diberikan karena dapat berakibat fatal.

Berikut merupakan jenis soal Psikotes atau tes kepribadian yang dapat kalian pelajari

1. Tes Kemampuan Penalaran Spasial

tes ini untuk menguji sejauh mana kalian dapat memvisualisasikan suatu benda dan membuat suatu pengertian. biasanya tes jenis ini dalam bentuk gambar dan jenisnya ada beberapa misalnya menggabungkan gambar agar berbentuk seesuatu yang sudah ditentukan, Mengurutkan gambar sesuai pola, memilih gambar yang berbeda, mencocokan bentuk gambar, memilih gambar yang sama, dan lain sebagainya. Kemampuan penalaran spasial digunakan untuk memvisualisassikan dan melakuakn manipulasi dua dimensi atau tiga dimensi bentuk atau pola. Penalaran spasial tingkat tinggi sangat dibutuhkan dalam beberapa ilmu seperti arsitektur dan cabang ilmu lainnya. 

2. Tes Penalaran Diagram

Seperti judulnya maka tes penalaran diagram biasanya kalian akan diberikan suatu diagram yang berisi gambar-gambar kemudian kalian akan mengisi bagian yang kosong gambar apa yang sesuai untuk diisi. Tes penalaran diagram merupakan sub tes dari penalaran abstrak yang akan dibahas pada bagian di bawah ini.

3. Tes Kemampuan Penalaran Abstrak

Jenis Tes ini menguuji bagaimana kemampuan kalian dalam memahami hubungan biasanya tes jenis ini kalian diminta untuk mencari hubungan yang paling benar dari gambar-gambar yang disediakan. Tes Kemampuan penalaran abstrak memberikan penilaian tertentu ketika pekerjaan itu melibatkan atau berhubungan dengan ide-ide abstrak atau konsep sebagai pekerjaan teknis. Penalaran abstrak menilai kemampuan seseorang untuk memahami suatu konsep yang abstrak untuk menganalisa informasi baru dan menggabungkannya dengan informasi sebelumnya.

4. Tes Kemampuan Penalaran Numerik

Tes ini menilai kemampuan kalian dalam menggunakan sebuah data berupa angka dengan cara yang logis dan rasional. tes ini biasanya dalam bentuk deret angka dan matematika dasar. pertanyaan dalam tes penalaran numerik bertujuan untuk mengukur pemahaman kalian tentang hal-hal yang berkaitan dengan perhitungan seperti nomor urut, transformasi numerik, hubungan antar angka dan kemampuan kalian untuk melakukan perhitungan numerik. Jadi soal psikotes dari penalaran numerik berkaitan dengan perhitungan dalam matematika.

5. Tes Menggambar Bentuk

Jenis soal tes yang satu ini biasanya kalian disuruh untuk melengkapi suatu bentuk dari gambar yang tidak lengkap (melengkapi gambar) sesuai dengan imajinasi kalian. Ada pula jenis soal psikotes dimana kalian diminta untuk menggambar orang yang sedang melakukan suatu pekerjaan (catatan: harus orang yang melakukan pekerjaan) atau sebuah pohon yang lengkap.

8. Tes Konsistensi

Kami tidak tahu apa nama tes yang satu ini maka kami sebut saja konsistensi karena kalian diberikan banyak sekali pertanyaan sampai beratus-ratus pertanyaan dan pernyataan yang ada terus diulang-ulang dalam soal beberapa soal sehingga kalian harus konsisten dalam menjawab soal yang satu ini

Baca Juga : Kumpulan Soal CPNS

Contoh soal Psikotes

Kami tidak akan memberikan kalian sebuah link yang kami tautkan di blog kami ini karena ada sesuatu dan lain hal. demi kenyamanan kita bersama maka dari itu ikuti petunjuk dibawah ini untuk mendapatkan soal yang kalian inginkan. Mohon maaf ketidaknyamanannya. dan ingat ini gratis kami berikan karena kami mendapatkan gratis pula.

Penting : Jika kalian menginginkan soal untuk persiapan psikotes silahkan melakukan komentar di kolom komentar di bawah ini dengan menyertakan email kalian. Kami akan mengirimkan sebuah buku yang bisa kalian pelajari untuk menghadapi tes psikotes atau tes kecerdasan lainnya. 

Demikian yang dapat kami informasikan kepada kalian semua mengenai contoh soal psikotes semoga bermanfaat 😀😀

sumber : www.google.co.id dan wikipedia.org

Penting : Jika kalian merasa Artikel yang berjudul "Inilah Contoh Soal Psikotes Untuk Umum" bermanfaat untuk kalian silahkan share dengan media sosial yang kalian miliki ⇓⇓⇓

16 comments for "Inilah Contoh Soal Psikotes Untuk Umum"

Tinggalkan komentar dengan baik di bawah ini