Membumikan Gas Bumi Untuk Masa Depan Negeri

Hallo sobat Oci yang budiman,

Sobat Oci tahu tidak apa itu gas bumi?

Bagi yang belum tahu, Oci kasih tau ya.

Gas bumi merupakan koponen yang sangat vital untuk suplai energi di dunia. Gas bumi merupakan bahan bakar fosil berbentuk gas yang utamanya terdiri dari metana (CH4).

Tidak seperti bahan bakar fosil lainnya lho sobat, gas bumi adalah salah satu sumber energi yang paling bersih (memiliki intensitas karbon yang rendah), teraman dan paling berguna dari semua sumber energi.

Karena paling bersih dan aman serta ramah lingkungan, gas bumi sudah sejak lama dimanfaatkan dan dikembangkan untuk mengganti bahan bakar yang dinggap mampu merusak lingkungan

Secara yang kita tahu, bumi tempat tinggal kita sudah mengalami pemanasan global yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim yang berdampak tidak baik untuk kehidupan manusia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change, 2014) menyatakan bahwa dunia kita semakin panas dengan peningkatan suhu dan mencairnya es di kutub yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dimana keadaan tersebut membuat permukaan laut semakin meninggi. Sobat dapat melihat datanya seperti gambar berikut.
(a) Penyimpangan temperatur dari perairan dan daratan dari tahun 1986-2012, (b) Amatan temperatur permukaan bumi dari tahun 1901-2012, (c) Luas daerah laut dari yang mengalami penurunan, (d) rata-rata perubahan ketinggian permukaan laut, (e) amatan perubahan salju daripada daratan


Search Results

Dari gambar diatas dapat dilihat fakta  bahwa hampir sebagian besar lapisan bumi (gambar (b)) mengalami peningkatan suhu sekitar 0,2 sampai 1,5 derajat celcius.

Dari data yang dikeluarkan oleh IPCC juga menyatakan

  • total rata-rata peningkatan suhu atmosfer dari tahun 2003 sampai 2012 yaitu sebesar 0,78 derajat celcius. 
  • Suhu perairan dunia yang diukur dari 75 m dari atas permukaan meningkat rata rata sebesar 0,11 derajat celcius.
  • Kecepatan mencairnya Es di samudra Arctic mencapai 3.5 sampai 4.1% per dekade. Sementara untuk permukaan laut sendiri mengalami peningkatas sebesar 0,19 mm/year.

Melihat dari data yang dikeluarkan tersebut menandakan bahwa bumi sudah mengalami kerusakan sedikit demi sedikit yang hampir tidak diketahui oleh manusia dan bukan tidak mungkin jika keadaannya terus seperti sekarang ini dengan perubahan iklim dunia karena polusi dan lain sebagainya menyebabkan terjadinya fenomena alam yang luar biasa dan mewabahnya penyakit berbahaya tidak hanya itu kemungkinan juga bumi kita akan tenggelam karena permukaan laut yang selalu mengalami peningkatan ketinggian walaupun kelihatannya sedikit namun jika dibiarkan dalam waktu yang lama bisa kita bayangkan nasib kita, nasib generasi yang akan datang dan nasib bumi ini bagaimana.

Untuk itu ada berbagai cara yang dapat dan telah ditempuh oleh masyarakat dunia untuk menanggulangi pemanasan global dan perubahan iklim dunia salah satu solusi adalah dengan  mengurangi polusi yang terjadi yaitu dengan memanfaatkan energi yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memanfaatkan gas bumi yang merupakan sumber daya alam yang ramah lingkungan dan aman.

Apa sih manfaat dari gas bumi?

Nah sobat oci, manfaat dari gas bumi itu menurut sumber yang oci baca secara garis besar dibagi menjadi 3 yaitu:
  1. Gas bumi sebagai bahan bakar, antara lain sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas/Uap, bahan bakar industri, bahan bakar kendaraan bermotor (BBG/NGV), sebagai gas kota untuk kebutuhan rumah tangga, hotel, restoran dan sebagainya.
  2. Gas bumi sebagai bahan baku, antara lain bahan baku pabrik pupuk, petrokimia, metanol, bahan baku plastik (LDPE = low density polyethylene, LLDPE = linear low density polyethylene, HDPE = high density polyethylen, PE= poly ethylene, PVC=poly vinyl chloride, C3 dan C4-nya untuk LPG, CO2-nya untuk soft drink, dry ice pengawet makanan, hujan buatan, industri besi tuang, pengelasan dan bahan pemadam api ringan.
  3. Gas bumi sebagai komoditas energi untuk ekspor, yakni Liquefied Natural Gas (LNG)
Apakah Indonesia Sudah memanfaatkan secara maksimal?

Sebagai negara yang masuk dalam 20 besar penghasil gas alam di seluruh dunia dan negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dari sabang hingga merauke. Tentu Indonesia, melalui PGN (Perusahaan Gas Negara) yang merupakan perusahaan nasional terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan besar dalam pemenuhan gas bumi domestik memiliki proyek strategis dalam hal upaya pemanfaatan dan membumikan gas bumi di Indonesia.

Bukannya gas bumi hanya digunakan untuk bisnis tertentu?

Selama ini kita ketahui bahwa gas bumi di indonesia hanya digunakan untuk beberapa usaha seperti karet, keramik, kertas, kaca, pembangkit listrik, dan lain sebagainya yang membutuhkan sumber daya yang banyak dan biaya yang bisa ditekan. Namun beberapa tahun terakhir sudah dikembangkan agar bisa dinikmati oleh masyarakat lho sobat sehingga masyarakat juga menikmati kemudahan dan keuntungan dari lebih murahnya menggunakan gas bumi.

Ada beberapa produk yang telah dikeluarkan sebagai langkah strategis PGN untuk memperkenalkan gas bumi "membumikan gan bumi" sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan yaitu.

1. GasKu 

Gasku merupakan gas bumi handal disajikan khusus untuk alat tranportasi. Beberapa alat trasnpormasi masal sudah menggunakan Gasku.

Dengan sobat memanfaatkan gas bumi sebagai bahan bakar suatu kendaraan, itu berarti sudah membantu bumi untuk mengurangi polusi karena menurut data yang dikeluarkan salah saru penyebab pemanasan global yaitu buangan emisi gas kendaraan bermotor.

Kenapa gas bumi sebagai solusi?

Mengingat salah satu penyebab polusi adalah buangan emisi gas kendaraan bermotor maka dengan menggunakan gas bumi yaitu produk Gasku dari PGN mesin kendaraan sobat akan bekerja lebih bersih sehingga sisa pembakaran yang dikeluarkan lebih sedikit dan itu berarti zat sisa pembakaran yang menyebabkan terjadinya polusi juga bisa dikurangi.

Kita ketahui bersama bahwa alat tranportasi umum maupun pribadi biasanya mengeluarkan asap yang tebal. Jika sobat pernah berada di belakang sebuah kendaraan yang mengepulkan asap-asap yang sangat tebal, tentunya mengganggu sobat bukan?
asap penyebab polusi
sumber: kaskus

Asap yang tebal seperti gambar diatas disebabkan oleh mensin tidak membakar secara maksimal yang dampak dan kerugiannya bukan hanya menyebabkan polusi tetapi merusak mesin. Tentunya jika mesin sobat cepat rusak pengeluaran akan semakin bertambah pula. Dari segi efisiensi Gasku sangatlah baik untuk digunakan oleh masyarakat terutama transportasi umum dan perusahaan serta perseorangan yang mobilitasnya menggunakan kendaraan bermotor.

2. GasKita

Gaskita merupakan layanan yang diberikan oleh PGN untuk memenuhi kebutuhan Gas dalam rumah tangga dan pemilik usaha kecil yang memiliki keunggulan yaitu praktis dan ramah lingkungan dan tentunya murah.
Penggunaan gas bumi oleh usaha kecil
sumber: bumn.go.id

Kenapa harus menggunakan gaskita?

Seperti yang telah disebutkan bahwa gas bumi meupakan sumber energi baik yang ramah lingkungan artinya tidak akan merusak lingkungan dan kesehatan anda.

Tidak hanya itu anda bisa menghemat biaya pembelian bahan bakar untuk memasak atau usaha anda mencapai 50% (ini perkiraan yang saya buat berdasarkan hasil perhitungan menggunakan kalkulator di pgn.co.id). Lumayan bukan? untuk ibu-ibu bisa menggunakan uangnya untuk menambah uang dapur. Jadi setiap hari bisa masak enak dan bergizi untuk keluarganya. Itu artinya secara tidak langsung meningkatkan perekonomian dan kesehatan keluarga sobat.

Bukannya ribet ya harus masang pipa gas dulu?

Ya elah sobat jangan khawatir karena PGN memiliki teknisi handal yang melakukan hal itu. Sobat cuma melakukan registrasi maka yang lainnya serahkan pada ahlinya. Metode pembayarannya juga bervariasi tergantung sobat yang mana lebih mudah digunakan.

Namun, Gas bumi untuk rumah tangga dan usaha kecil ini baru bisa dinikmati di beberapa daerah saja dan PGN terus melakukan peningkatan dengan proyek pemasangan pipa gas yang sudah dilakukan.

Itulah produk sebagai langkah strategis dari PGN dalam upaya untuk membumikan gas bumi, agar masyarakat mengenal dan mengetahui serta menyadari bahwa gas bumi bukan hanya digunakan oleh perusahaan perusahaan dalam sekala besar namun sudah bisa digunakan dengan mudah oleh berbagai kalangan masyarakat.

Jadi dengan adanya produk gasku dan gaskita merupakan solusi yang baik untuk kehidupan. Harapannya produk dari PGN bisa dinikmati seluruh masyarakat demi kemajuan bersama, demi kemajuan dan masa depan bangsa mengingat manfaat dan dampaknya bagi lingkungan cukup besar.

PGN sebagai perusahaan gas bumi terbesar di Indonesia bisa terus mengembangkan diri demi Indonesia yang lebih baik, demi masa depan generasi muda kita dan selalu bersinergi dengan berbagai pihak untuk terus membuat inovasi baru yang berman.

Gas Bumi Nyaman di Piti, Nyaman di Hati
demikian sobat yang dapat kami sampaikan.

Salam oci

"ting-ting sriut"

Daftar pustaka

Climate change 2014 synthesis report from Ipcc.ch

wikipedia.org

Pgn.go.id


Created by: www.ceroci.com

No comments

Tinggalkan komentar disini