Hormati Keragaman dengan Cinta Rupiah

Pada saat saya menulis artikel ini, satu kata yang selalu ada di benak saya adalah "Bhineka Tunggal Ika" yang memiliki makna yang sangat mendalam dimana didalam berbagai macam perbedaan namun kita adalah tetap satu. Satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa di tengah berbagai macam bahasa daerah yang ada, dan satu mata uang yaitu "Rupiah". Yang terakhir kelihatan jarang terdengar namun memiliki arti penting dalam perjalanan sejarang bangsa Indonesia.
keragaman Indonesia
Kita ketahui bersama bahwa bangsa Indonesia mulai dari sabang sampai merauke memiliki keragaman yang sangat luar biasa mulai dari suku bangsa sampai dengan budaya. Indonesia tercatat memiliki 1340 suku bangsa dengan 300 kelompok etnik yang berbeda. Indonesia juga memiliki lebih dari 100 jenis tari tradisional dan lagu daerah serta bahasa daerah yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.

Namun yang sangat penting dari itu semua adalah apapun suku bangsa yang kita miliki apapun kekayaan alam yang kita miliki, dan apapun budaya serta agama yang kita anut, kita tidak boleh terlalu membanggakannya dan merendahkan apa yang dimiliki oleh orang lain. Kita dilahirkan sama sebagai manusia yang memiliki hak dan kewajiban yang harus dipertanggung jawabkan, oleh karena itu kita harus membangun rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan yang kuat diantara sesama.

Berbagai hal dapat mempersatukan kita sebagai bangsa agar mampu tetap berdiri kokoh ditengah keragaman yang kita miliki mulai dari Ideologi Negara yaitu "Pancasila", Lambang Negara, dan Bahasa. Hal tersebut merupakan komponen penting sehingga kita memiliki satu visi dan satu tujuan untuk membangun bangsa yang kita cintai serta dapat menumbuhkan rasa saling memiliki dan keterikatan batin serta semangat gotong royong yang mencerminkan budaya bangsa Indonesia.

Ada banyak hal lain yang mampu menjadi perantara untuk memperkuat rasa kekeluargaan, rasa persatuan, dan rasa saling memiliki di tengah keragaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu mata uang "Rupiah".

Uang sangat melekat di kehidupan kita, setiap harinya orang berkerja untuk menghasilkan uang guna memenuhi segala kebutuhan entah itu untuk diri sendiri maupun orang lain. Kita juga dapat menjadi sangat dekat dan saling mengenal dengan adanya uang "Rupiah".

Bisa kita bayangkan saat anda pergi kepasar tradisional untuk sekedar jalan-jalan atau membeli sesuatu. Lihatlah disekitar anda, berapa banyak transaksi yang terjadi menggunakan uang didalam pasar? berapa banyak orang yang kemudian saling mengenal akibat dari transaksi tersebut? dan, berapa banyak orang saling berinteraksi karena transaksi yang dilakukan?
Senyum ketika transaksi terjadi (sumber: kapanlagi)
Mungkin jawaban anda sama dengan saya, sangatlah banyak dan sulit untuk menghitungnya. Mulai pagi sampai sore bahkan malam selalu ada yang saling berinteraksi dan saling mengenal dengan media perantara yaitu Uang. Apakah mereka memandang darimana anda berasal? Saya rasa jawabannya tidak. Itu artinya dengan perantara uang, orang tidak akan memandang dari suku bangsa apa anda berasal, budaya apa yang anda miliki, yang ada hanya saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya.

Hal Ini juga berarti kita harus memiliki rasa cinta untuk setiap rupiah yang kita miliki karena mampu mengantarkan kita untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain di tengah berbagai macam perbedaan yang kita miliki.

Ketika kalian tidak dapat memiliki rasa cinta itu kalian akan menggunakan atau memperlakukannya secara tidak baik seperti meremas kemudian menaruhnya secara tidak baik yang dapat membuat uang tersebut rusak. Ketika anda melakukan transaksi dengan keadaan uang seperti itu maka anda akan menyinggung orang lain melihat keadaan uang yang anda miliki untuk bertransaksi. Disilah kemungkinan penyebab pertikaian yang terjadi.

Kemudian hal lain yang menyebabkan anda harus mencintai dan bangga akan rupiah adalah dari segi manfaatnya. Banyak sekali manfaat uang yang mungkin tidak anda sadari sebelumnya yang berada dalam setiap rupiah yang anda miliki. Berikut adalah manfaat uang rupiah versi ceroci.com
bagan versi ceroci.com

1. Alat Tukar
Uang sebagai alat tukar

Tentu manfaat ini semua orang telah mengetahuinya, hampir setiap anda berbelanja untuk mendapatkan suatau barang pasti menukarkannya dengan uang. Uang sudah menjadi bagian terpenting dalam hidup kita yang melekat dalam keseharian kita. Hal yang mendasar dan yang paling diharapkan terhadap uang dalam kapasitasnya sebagai alat tukar adalah berdampak pada kehidupan sosial kita sendiri. Kita menjadi orang yang lebih banyak mengenal dan mampu berkomunikasi dengan orang lain serta menunjukan sikap yang saling menghargai.

2. Sebagai sarana Edukasi

Uang merupakan sarana edukasi bagi kita, tanpa kita sadari bahwa uang menjadi sumber pengetahuan yang memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Dalam setiap rupiah yang kita miliki, kita bisa mengambil beberapa pelajaran seperti pelajaran tentang tokoh/pahlawan nasional, kebudayaan apa yang kita miliki seperti tari tradisional, kemudian keindahan alam Indonesia yang patut kita banggakan ataupun membandingkan perbedaan rupiah dengan desain baru dan lama. Pengetahuan-pengetahuan tersebut yang bisa anda dapatkan dalam rupiah.
Uang lama dan uang baru

Pernahkan kalian tahu siapa gambar tokoh yang berada pada uang Rp. 50.000,00 kemudian kalian cari tahu dari mana tokoh itu dan kenapa dinobatkan sebagai pahlawan? Pernahkan anda tahu gambar kesenian apa yang tertera pada uang Rp. 10.000,00 dan darimana asal kesenian tersebut? Pernahkah anda memperhatikan gambar suatu daerah yang tertera pada uang Rp. 100.000,00 yang terkenal karena keindahannya, kemuadian mencari tahu tentang daerah tersebut?

Jika jawaban kalian tidak maka mulai sekarang perhatikanlah sesuatu hal yang kecil di sekitar kita. Kebanyakan orang (tidak semua) jarang memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya bermanfaat tetapi tidak menyentuh ke kehidupan secara langsung. Sebagian besar orang lebih memperhatikan hal yang memang menyentuh dalam kehidupannya. Mulai sekarang mari kita perhatikan hal kecil siapa tahu anak atau cucu kita bertanya seperti hal diatas, sehingga kita mampu menunjukannya dan menjelaskan kepada anak cucu kita.

3. Meningkatkan Rasa Nasionalisme

Ada berbagai hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme diantaranya adalah dengan bangga akan produk dari bangsa sendiri salah satunya adalah uang rupiah. Ini berarti dengan kalian bangga menggunakan rupiah maka secara tidak langsung kalian telah memupuk rasa nasionalisme yang kalian miliki.

Cara untuk meningkatkan rasa nasionalisme kita selanjutnya adalah dengan menghormati jasa para pahlawan dan lambang negara kita. Kita ketahui bersama bahwa dalam uang rupiah yang kita miliki tertera gambar pahlawan dan lambang negara. Ini berarti dengan menjaga dan mencintai rupiah, setidaknya secara tersirat kita telah menghormati pahlawan dan lambang negara.

4. Menghormati Keragaman

Dalam selembar uang rupiah terdapat gambar yang berbeda-beda antara pecahan yang satu dengan pecahan lainnya. Hal ini menunjukan bahwa Indonesia yang kita banggakan ini terdiri dari beragam suku dan budaya yang berbeda. Apakah jika sekarang gambar yang tertera di salah satu pecahan uang merupakan kesenian yang berasal dari daerah anda kemudian anda hanya menggunakan pecahan tersebut? Tentu tidak, ini berarti secara tidak langsung kalian sudah menghormati suku atau kebudayaan yang lainnya.

Tanpa kalian sadari bahwa dalam selembar uang rupiah, gambar yang diambil adalah dari berbagai daerah dan salah satunya pasti berbeda. Misalkan gambar pahlawannya dari jawa mungkin keseniannya dari daerah lain atau jawa juga, tetapi keindahan alam yang dicantumkan dari daerah lain misalkan kalimantan. Ini adalah agar kita tahu dan dapat saling menghormati satu sama lainnya.

Dengan berbagai manfaat yang telah disebutkan diatas maka hendaknya kita menghargai dan mencintai uang yang kita miliki. Cara yang dapat dilakukan adalah

1. Dengan Gerakan 5 J

#Jangan Dilipat  #Jangan Dicoret #Jangan Distapler #Jangan Diremas #Jangan Dibasahi

2. Menggunakan Rupiah Untuk Transaksi dalam negri


Dengan menggunakan rupiah sebagai transaksi ini mengindikasikan kalian bangga menggunakannya itu berarti kalian telah bangga dengan adanya bangsa Indonesia.

3. Menaruh Sesuai Tempatnya

Hal ini menjadi sangat penting mengingat manfaat yang dimiliki rupiah, dengan menaruhnya di tempat yang benar maka kalian menghindarkan uang kalian dari kerusakan yang dapat ditimbulkan dari meletakannya dengan tidak baik. Misalkan di tempat tidur, bukanlah tempat yang baik untuk menaruh uang kalian karena beresiko untuk rusak.

4. Bijak Dalam menggunakannya

Orang yang bijak menggunakan uang itu berarti sudah  bisa menghargai uang dengan baik. Orang yang bijak menggunakan uang bukanlah orang yang pelit namun orang yang tahu kapan uang tersebut harus digunakan dan tahu cara memperlakukannya dengan baik.


Masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk Mencintai Rupiah jadi mulai sekarang pintar menggunakannya mengingat uang menjadi simbol rasa bangga kita terhadap bangsa Indonesia di dalam keragamannya.

No comments

Tinggalkan komentar disini