4 Tips Lulus UN dengan Nilai Terbaik

pic by: ceroci.com
Ujian Nasional merupakan perhelatan akbar yang dilaksanakakan oleh bangsa Indonesia setiap tahunnya. Selalu ada cerita unik didalamnya yang selalu seru untuk diperdebatkan. Ada satu hal yang selalu di tanya dan menjadi perdebatan hampir di setiap tahunnya yaitu

Apakah Ujian Nasional masih relevan untuk di jadikan standar kelulusan?

Berbicara relevan atau tidak kita harus berbicara dari berbagai sudut pandang. Jika pelaksanaannya memang mampu mengukur kemampuan siswa saya kira Ujian Nasional masih relevan untuk digunakan. Ketika ujian nasional bukan lagi mengukur kemampuan siswa atau terjadi kebocoran sana-sini ya itu sudah tidak relevan untuk dijadikan standar kelulusan. Sekarang tergantung pelaksanaannya, apabila pelaksanaannya sesuai aturan dan jujur ya masih bisa dilaksanakan. Tetapi, sekarang bukan hanya Ujian Nasional yang menjdai Standar kelulusan melainkan nilai dari sekolah dan itu bobotnya lumayan besar. nah, pertanyaannya sekarang 

Apakah guru berani tidak meluluskan murid yang tidak memenuhi Standar?

Saya tidak akan menjawab pertanyaan itu, karena jawabannya berada di masing-masing hati para guru. Bagi para guru mohon memberikan komentar atas pertanyaan tersebut.

Kita tinggalkan dulu tentang standar kelulusan mari kita berusaha menjawab pertanyaan 

Bagaimana cara agar lulus ujian nasional (UN) dengan nilai yang baik?

Banyak orang berpikir bahwa ujian nasional (UN) itu menakutkan dan menyeramkan dengan diawasi dengan pengawasan yang sangat ketat. 

Sudah kawan, anda jangan memikirkan hal itu. Itu hal non teknis yang bisa diatasi dengan sangat mudah hanya dengan 
Kepercayaan diri
percaya diri menjadi faktor penting dalam mengikuti ujian apapun tetapi, ingat jangan sampai over percaya diri karena dapat menyerang kamu balik. ngerti kan maksudnya? jadi biasakan saja.

Ujian adalah masalah psikologis jika kalian mampu mengatasinya maka kalian akan
Sukses
Kata-kata itu bukan yang ingin kalian cari? jika ya kalian harus melakukan usaha semaksimal mungkin jangan berdiam diri saja. Kami memiliki tips sukses yang bisa kalian lakukan.

1. Belajar Berkelompok

Jika anda ingin sukses ujian nasional anda dapat melakukan hal ini yaitu "belajar berkelompok". Sudah tidak zaman lagi belajar mengurung diri dikamar, kan lebih asik bersama dengan teman.

Mengapa harus belajar berkelompok?

ya, dengan belajar berkelompok anda akan mendapatkan informasi lebih banyak.

bukannya sama saja?

jelas berbeda, dengan belajar berkelompok kalian akan membagikan informasi satu sama lain sehingga pengtahuan yang kalian miliki lebih banyak. manfaat lainnya adalah akan menambah kepercayaan diri kalian karena melihat teman yang lebih bisa atau dapat berrbagi pengetahuan.

bagaimana caranya?

salah satu cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan bermain kuis. Salah satu dari teman anda akan menjadi host dan anda serta yang lainnya akan menjadi peserta kuis. Dengan permainan seperti ini kalian akan lebih mudah mengingat. Ulang secara acak pertanyaan yang diberikan secara berkala. dan disarankan setiap orang harus pernah menjadi host.

Itu salah satu cara dalam belajar berkelompok untuk menghadapi ujian. Beda mata pelajaran beda pula cara melakukannya. Seperti matematika sulit untuk bermain kuis seperti itu untuk mata pelajaran ini, anda harus mengakalinya dengan bermain sekolah-sekolahan dimana kalian berperan sebagai murid yang sedang melaksanakan tes dalam keadaan yang sebenarnya dan satu orang menjadi guru yang mengwasi disarankan perempuan agar lebih ketat. Ini secara tidak langsung berpengaruh kepada psikologi anda. 

Saran untuk kelompok agar heterogen biar bisa saling mengontrol.

Belajar berkelompok sebagai langkah untuk sukses ujian nasional sudah saya lakukan di SD dan hasilnya luar biasa karena saya bisa mendapatkan nilai terbaik disekolah mengalahkan teman saya yang selalu juara.
Ujian bukan hanya masalah kemampuan tetapi juga mental

2. Perbanyak Membaca dan Berlatih

Cara selanjutnya yaitu dengan perbanyak membaca dan berlatih. Kita tahu bahwa tidak ada orang yang sukses karena tidak berusaha semua butuh usaha. 

usahanya apa?

Ya dengan membaca dan latihan soal dengan demikian kalian akan memiliki kemampuan yang mampu bersaing.

bagaimana cara yang dapat dilakukan agar efektif?

Banyak cara yang dilakukan untuk trik membaca agar efektif . Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya belajar anda. Kalau saya melakukannya dengan merekam suara, jadi saya membaca dengan keras kemudian merekamnya. tujuannya agar saya tidak membaca untuk kesekian kalinya (malas baca, hehe) ini terbukti sukses untuk saya dengan nilai yang saya raih waktu ujian nasional SMA yang berada pada peringkat 3 terbaik di sekolah (lumayan lah ya). Ini adalah salah satu cara menyiasati jika kalian malas membaca.

Bagaimana dengan latihan? latihan apa yang dimaksud?

Tentu latihan soal bukan latihan bela diri ya. Latihan soal menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi nilai anda yang menunjukan kesiapan anda untuk mengikuti ujian. Saran dari saya latihan yang dilakukan adalah latihan soal dari ujian nasional tahun sebelumnya. Saya meyakini bahwa soalnya tidak akan jauh berbeda artinya anda memiliki bayangan yang akan keluar di ujian nasional.

Dimana bisa dapat soal ujian nasional?

Banyak sekali blog atau website yang menyediakan. salah satunya blog ini. silahkan kalian cari kategori ujian nasional.

3. Mengikuti Bimbingan Belajar

Ini dilakukan bagi kalian yang bosan untuk belajar sendiri dan perlu tutor untuk mendampingi. cara ini akan efektif jika kalian sungguh-sunguh mengikutinya bukan hanya asal ikut-ikutan aja. Ada banyak bimbingan belajar untuk paket UN yang dapat anda ikuti di daerah kalian masing-masing.

Nb. Bagi kalian yang berada di wilayah bali kususnya di kabupaten jembrana yang ingin bimbingan belajar khusus UN dapat menghubungi saya melalui email odstats09@gmail.com.

4. Mengikuti forum

Dimasa globalisasi seperti sekarang ini dimana media sosial sudah merajai dunia kalian harus bisa memanfaatkannya dengan cara mengikuti berbagai forum dan grup yang relevan. untuk ujian nasional cari grup yang menyediakan dan mampu melakukan berbagai share soal ujian nasional dengan demikian kalian akan mendapatkan informasi yang lebih banyak dan pengetahuan yang baru. 



Itulah cara yang dapat kalian tempuh, jika ada yang memiliki pendapat yang berbeda silahkan melakukan komentar dengan baik.

Post a Comment for "4 Tips Lulus UN dengan Nilai Terbaik"